Mau Bangunan Anda Lebih Kokoh? Perhatikan Kualitas Beton Cor, Ready Mix dan Pompa Beton

by -533 views
konstruksi beton

Konstruksi beton sangat berperan penting dalam membuat sebuah struktur bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh. Dalam membuat kontruksi beton agar lebih kuat dan kokoh tentu harus memperhatikan campuran bahan-bahan materialnya.

Penggunaan beragam bahan material seperti seperti semen, pasir, kerikil dan air sebagai campuran untuk beton instan merupakan kebutuhan wajib dalam membuat konstruksi bangunan. Walau begitu, mutu dan kualitas bahan material juga harus diperhatikan, agar hasil dari bangunan yang telah dirancang sesuai dengan harapan.

Kemajuan teknologi kini telah pula mempermudah pengerjaan dalam membuat kontruksi beton agar lebih cepat dan efisien. Hadirnya ready mix atau beton yang sudah siap pakai ini secara otomatis akan mencampurkan semua bahan tadi dalam batching plant. Proses persiapan atau pencampuran ready mix juga harus sudah tuntas sebelum pengecoran dilakukan.

Selain itu, bekisting yang dipakai haruslah kuat agar dalam proses pengeringan, perubahan struktur karena proses pengeringan tidak terjadi dan beton tidak retak dibagian dalamnya. Selain proses persiapan ready mix, dalam konstruksi bangunan sebuah proyek dibutuhkan pula mobil pompa beton atau concrete pump. Mobil inilah yang akan memindahkan beton ready mix yang ada di mobil molen ke lokasi pengecoran atau kolom bangunan.

Selanjutnya apabila Anda pernah melihat beton yang diangkut dalam mobil molen menuju tempat proyek atau perumahan, beton tersebut pasti menggunakan beton dengan mutu K-222, K-259 atau K-275. Karena beton dengan mutu tersebut bisa dipastikan akan membuat bangunan menjadi kokoh.

Terkait dengan mutu beton, ada klasifikasi khusus akan hal itu. Dan klasifikasi itu biasa dimulai dari K-100 sampai K-500. Apa yang dimaksud dengan “K” dalam klasifikasi mutu beton? Inisial dari huruf “K” artinya kekuatan tekanan beton per cm2, sedangkan angka 100 sampai 500 berarti jumlah beban dalam kilogram.

Dengan demikian, jika Anda membaca istilah beton K-275 berarti mutu beton tersebut memiliki kekuatan dan dapat menerima tekanan dengan beban sebesar 100 kg/cm2. Adapun untuk mutu betonnya masih digolongkan ke dalam 3 kelas mutu, yaitu:

Beton kelas 1

Beton Kelas I terdiri dari K-100, K-125, K-150, K-175, hingga K-200 dengan kegunaan untuk pengecoran non struktural.

Beton Kelas 2

Beton kelas 2 terdiri dari K-222, K-250 sampai K-275 dengan klasifikasi beton, dikhususkan untuk pekerjaan struktural, seperti lantai, pondasi, jalan, sloof dan lain-lain.

Beton Kelas 3

Terdiri dari K-325, K-350, K-375, K-450 dan K-500 merupan klasifikasi beton khusus yang digunakan untuk pekerjaan membangun lantai jembatan, landasan pesawat, fly over, dermaga dan underpass.

Di Indonesia, penggunaan beton ready mix sangat pesat, seiring pesatnya proyek pembangunan di tingkat menengah dan gedung tinggi di berbagai wilayah. Adapun keuntungan dari menggunakan beton jenis ini adalah memiliki kualitas yang lebih tinggi jika dibanding dengan beton konvensional, menghemat waktu pengerjaan, menghemat tempat jika proyek pembangunan dilakukan di lahan yang terbatas.

Juga untuk mengurangi polusi sekitar proyek karena baik polusi udara maupun polusi suara dapat diredam dari mesin pencampur beton, yang terakhir dapat menghemat biaya, karena beberapa beton instan ternyata lebih murah harganya jika dibanding dengan beton konvensional, apalagi jika dipesan dalam jumlah banyak.

Demikianlah sebuah kontruksi beton dibuat untuk saat ini dan betapa kebutuhan akan beton cor serta pompa beton memiliki peran penting dalam sebuah proyek pembangunan di Indonesia.

(harga ready mix)