Minim Serapan Anggaran, Kadinas PUPR Kabupaten Bogor Bakal Dirotasi

by -255 views
wakil bupati bogor

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menjadi satu diantara delapan dinas, yang masuk dalam radar bupati dan wakilnya untuk dilakukan assessment (penilaian) rotasi-mutasi jabatan setingkat kepala dinas.

Diketahui, masuknya Dinas PUPR ke dalam assessment yang nantinya akan diproses rotasi-mutasi, dikarenakan dinas yang dipimpin Yani Hasan ini masih minim dalam segi serapan anggaran. Padahal, jumlah pekerjaan yang dimilikinya termasuk yang paling banyak dibanding dinas lain.

Dari data Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa (ULPBJ), per tanggal tanggal 17 Juni 2019, Dinas PUPR baru mengajukan tender sebanyak 139 pekerjaan. Jumlah ini masih dibawah pengajuan tahun lalu ditanggal 22 Juni 2018, sebanyak 189 pekerjaan.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut, serapan anggaran tersebut langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat. Disamping pertaruhan nilai Pemkab dimata pemerintah pusat dalam sektor penyerapan.

“Jadi nanti ada yang digeser, ada yang diganti. Intinya untuk mempercepat proses dan realisasi serapan anggaran yang terbaik yang kita harapkan,” jelas Iwan.

Sementara, delapan dinas jabatan eselon II yang masuk assesment untuk kemudian akan dilakukan rotasi-mutasi diantaranya adalah, Dinas PUPR, Disperdagin, DPMPTSP, Dinas Damkar, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Arsip dan Staf Ahli.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Dadang Irfan menjelaskan, assesment ini ditujukkan kepada mereka yang telah menjabat lebih dari dua hingga lima tahun.

“Siapa ditempatkan dimana, itu nanti tergantung daripada tes wawancara. Lalu ada uji kompetensi manajerial, teknis dan sosial budayanya. Kalau manajerial mungkin sudah bisa karena semuanya pejabat eselon II,” kata Dadang pada Radar Bogor saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda) sore kemarin.

Dalam uji kompetensi tersebut, Dadang mengungkapkan, panitia seleksi (pansel) langsung dilakukan oleh tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). “Tunggu saja nanti, hari Sabtu (29/6) yang akan datang,” pungkas Dadang.

(radarbogor.id)