www.mediakontraktor.com menerima kritik dan saran. Email redaksi : redaksi@mediakontraktor.com atau surat@mediakontraktor.com. Untuk info marketing di marketing@mediakontraktor.com
MUSDA II GAKINDO JAWA TIMUR: Saatnya Kontraktor Indonesia Merebut Momentum Pasar Bebas
Tanggal : 2014-03-27
Penyerahan Pataka dari Sekjen BPP GAKINDO Ir. Putu Irin Genta kepada Ketua Umum Terpilih BPD GAKINDO

Tepat delapan hari, Rabu (19/3/2014) Badan Pengurus Daerah Gabungan Kontraktor Indonesia (BPD GAKINDO) Jawa Timur menghelat Musyawarah Daerah ke-dua di Hotel Narita Surabaya. Acara organisasi kontraktor tersebut dihadiri oleh sekitar 70 orang kontraktor dari 19 cabang aktifnya se-Jawa Timur, Sekretaris Jenderal BPP GAKINDO Ir. I Putu Irin Genta, M.H, M.C.H., BAKESBANGPOL Jawa Timur dan sebagian Pengurus Organisasi serupa di Tingkat Provinsi. Sekretaris Jenderal BPP GAKINDO tersebut sekaligus melantik kepengurusan baru BPP GAKINDO  Jawa Timur periode 2014-2019 di bawah kepemimpinan R. Mohammad Ali Zaini .

Surabaya, MK.com-Perhelatan yang diselenggarakan satu hari penuh itu merupakan konsolidasi organisasi, membentuk rekomendasi organisasi dan membentuk kepengurusan baru GAKINDO Jawa Timur dibuka oleh pengurus LPJKD Jawa Timur yang diwakili oleh Muhammad Alyas, SH, MH. Dalam acara pembukaan tersebut LPJKD kembali mengulas masalah Peraturan Lembaga no 8 tahun 2013 tentang  tentang Persyaratan Asosiasi Perusahaan Yang Diberikan Kewenangan Verifikasi Dan Validasi Awal Permohonan Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi  di mana diapresiasi bahwa GAKINDO telah mematuhi Perlem tersebut dan dalam proses “lolos” sebagai salah satu Asosiasi Perusahaan yang diberikan Kewenangan melakukan VVA.

M. Alyas yang juga caleg salah satu parpol itu turut menyosialisasikan Peraturan Lembaga No. 10 Tahun 2013 tentang Registrasi Badan Usaha agar para kontraktor sesegera mungkin melakukan konversi Sertifikasi Badan Usaha dari grade dan bidang ASMET (Arsitekturke klasifikasi dan subkualifikasi KLBI sebelum 31 Maret 2014 guna mematuhi Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum IK.0201-Kk/978 tanggal 30 Desember 2013 tentang Pemberlakuan Klasifikasi dan Kualifikasi Usaha Jasa Konstruksi pada Pelaksanaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi untuk tahun Anggaran 2014 salah satunya menyebutkan penandatanganan kontrak yang dilakukan setelah 31 Maret 2014 wajib menggunakan Sertifikat Badan Usaha dengan Subklasifikasi dan Subkualifikasi yang telah dikonversi sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 08/PRT/M/2011 tentang Pembagian Subklasifikasi dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi.

Berbicara di depan para pengusaha/kontraktor yang rata-rata rekanan pemerintah M. Alyas juga menjanjikan, seandainya dalam waktu yang ditentukan tersebut adanya konversi menghambat diperolehnya tender , maka LPJKD akan mau mendukung pengusaha dan asosiasi untuk duduk bersama dengan pemerintah mencari solusi . Manager Eksekutif LPJKD ini juga menyatakan bahwa Jawa Timur juga harus bersiap mulai diserbu oleh Jasa Konstruksi asing khususnya China, Jepang, Singapura dan Malaysia pada tahun-tahun ini, menjelang 2015 dibukanya pasar bebas Asia

Beberapa pengurus BPD GAKINDO Jawa Timur sendiri menyatakan pada media ini, bahwa GAKINDO turut mendukung sosialisasi konversi SBU dari ASMET ke KBLI jauh hari sebelum penyelenggaran Musyawarah Daerah, bahkan para stafnya telah lulus dalam mengikuti Pelatihan VVA dan SIKI LPJK (Sistem Informasi Konstruksi Indonesia) yang mendukung konversi tersebut.

Selain acara MUSDA ke2 GAKINDO tersebut, pada hari yang bersamaan juga diselengggrakan Musyawarah Provinsi II Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia  (MUSPROV II GAPEKSI) Jawa Timur yang memilih Jazilah Imana, SE, MSi sebagai Kettua BPP GAPEKSI Jawa Timur 2014-2019, Musyawarah Provinsi II Asosiasi Kontraktor Umum Nasioional (MUSPROV II ASKUMNAS) Jawa Timur yang memilih Antok Kristyo Suwandi sebagai Kettua BPP ASKUMNAS Jawa Timur 2014-2019, Musyawarah Daerah II Himpunan Pengusaha Konstruksi Indonesia  (MUSDA II HIPKI) Jawa Timur yang memilih R. Abdussukur Anwar, ST. sebagai Kettua DPD HIPKI Jawa Timur 2014-2019 dan Musyawarah Provinsi II Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia  (MUSPROV II AKBARINDO) Jawa Timur yang memilih Dimas Dorojatu, SAp. sebagai Kettua BPP AKBARINDO Jawa Timur 2014-2019 (ken).

Sumber : mediakontraktor.com